Minggu, 14 Juni 2020

Standar Pengukuran



Standar

Standar pengukuran adalah representasi fisik dari satuan pengukuran. Satu satuan direalisasikan dengan mengacu pada standar material dipilih atau fenomena alam termasuk fisik dan konstanta atom. Sebagai contoh, satuan dasar massa dalam sistem internasional (SI) adalah kilogram, yang didefinisikan sebagai massa desimeter kubik air pada suhu kepadatan maksimumnya 400 ° C.

Klasifikasi Standar

Standar diklasifikasikan menurut fungsi dan aplikasinya dalam tipe berikut:
1. Standar Internasional
2. Standar Utama
3. Standar Sekunder
4. Standar Kerja


Standar Internasional

Standar internasional ditentukan oleh perjanjian internasional. mewakili satuan tertentu pada pengukuran dengan akurasi terdekat yang dimungkinkan oleh teknologi produksi dan pengukuran. Standar-standar ini diperiksa secara berkala dengan pengukuran absolut satuan dasar. Standar-standar ini digunakan di biro internasional tentang bobot dan ukuran dan tidak tersedia bagi pengguna biasa untuk pengukuran.
Ohm internasional didefinisikan sebagai hambatan yang dimiliki oleh kolom merkuri yang memiliki a massa 14,4521 gram, panjang diagonal luas sebesar  106,300 cm, hingga aliran arus konstan pada titik leleh es.
International ampere adalah arus yang tidak berubah ketika melewati campuran dari perak nitrat dalam air yang mengendapkan  perak pada laju 0,00111800 gram / detik (g / s).

Standar Utama

Standar utama (primer) dikelola oleh laboratorium standar nasional di berbagai bagian di dunia. Standar utama adalah standar yang cukup akurat sehingga tidak perlu dikalibrasi atau mengikuti standar lain. Fungsi utama dari standar utama digunakan untuk kalibrasi dan verifikasi standar sekunder. Standar ini tidak tersedia untuk digunakan di luar laboratorium nasional.

Standar Sekunder

Standar sekunder adalah standar referensi dasar yang digunakan di laboratorium pengukuran industri. Standar ini dikelola oleh industri yang terlibat dan diperiksa secara lokal terhadap standar referensi lain. Standar sekunder umumnya dikirim ke internasional standar laboratorium secara berkala untuk kalibrasi dan dibandingkan  terhadap standar utama. Kemudian dikembalikan ke pengguna industri dengan sertifikasi nilai terukur terhadap standar primer.

Standar Kerja

Standar kerja adalah peralatan utama dari laboratorium pengukuran. Standar ini digunakan untuk memeriksa instrumen laboratorium dalam akurasi dan kinerja. Standar  ini juga digunakan untuk melakukan perbandingan pengukuran dalam aplikasi industri. Misalnya, antara produsen komponen seperti kapasitor, resistor dll. Standar ini digunakan untuk memeriksa nilai komponen yang diproduksi. misalnya, standar kapasitor untuk diperiksa nilai kapasitansi yang diproduksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Summary

RPP IPA - Pengukuran

DOWNLOAD HERE!